Universitas Mahasaraswati    (Unmas) Denpasar,  sejak tahun 2006 telah berkomitmen untuk melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang telah menjadi kebijakan dari Pemerintah untuk mengendalikan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, pasal 51 ayat (2) secara eksplisit menjelaskan bahwa pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu ,dan evaluasi yang transparan. Undang Undang Nomor 12 Tahun 2012 Bab III Pasal 52 menyatakan bahwa penjaminan mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu Pendidikan  Tinggi secara berencana dan berkelanjutan, serta penjaminan mutu sebagaimana dimaksud dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar Pendidikan Tinggi.

Unmas Denpasar sesuai dengan komitmen tersebut, pada tahun 2008 membentuk Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unmas Denpasar sesuai Surat Keputusan Rektor Unmas Denpasar No. K.043/F.01.01/Unmas/I/2008, tanggal 16 Januari 2008 bertugas untuk merencanakan dan melaksanakan penjaminan mutu secara berencana dan berkelanjutan sesuai prinsip Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan (PPEPP) standar Dikti. Komitmen Unmas Denpasar dalam melaksanakan SPMI diseluruh bagian dan jenjang pendidikan dengan mengedepankan budaya mutu tercermin dari dibentuknya organisasi dan kelembagaan SPMI dari Badan Penjaminan Mutu (BPM) tingkat universitas, Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di tingkat fakultas, dan Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat program studi di lingkungan Unmas Denpasar dengan tugas dan fungsi pokoknya diatur dalam Manual SPMI Unmas Denpasar. Kinerja BPM Unmas sejak tahun 2008 ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi bermutu di tingkat nasional. Hal ini mengacu pada penilaian Tim Technical Assistance Quality Assurance dan Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Direktotal Jendral (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) dimana Unmas Denpasar  termasuk salah satu dari 68 PT di Indonesia yang menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Dalam kegiatan Tri Dharma Unmas Denpasar telah dapat membuktikan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang bermutu, dilihat dari cluster dharma penelitian ada di kluster Madya dan di bidang PkM ada pada kluster memuaskan. Demikian pula dengan status dan peringkat akreditasi Unmas Denpasar telah menyandang terakreditasi dengan peringkat Baik Sekali berdasarkan penilaian BAN-PT dengan instrument akreditasi 9 kriteria dan diikuti 6 Prodi terakreditasi dengan nilai A.

Dalam penyelenggaraan SPMI Unmas Denpasar sejak kelembagaan SPMI dibentuk telah  memiliki dokumen utama berupa: 1 (satu) dokumen kebijakan SPMI, 16 (serratus enam puluh) dokumen Manual SPMI, dan 32 (tiga puluh dua) Standar SPMI (akademik dan nonakademik), dan dokumen formulir SPMI. Di samping dokumen utama telah pula memeiliki dokumen sebagai bukti implementasi SPMI di Unmas Denpasar seperti dokumen kuesioner kepuasa dan  tracer study. Awalnya standar SPMI Unmas Denpasar awalnya dirumuskan dalam  7 (tujuh) standar yaitu: Standar Visi dan Misi, Standar Tata Kelola, Standar Sistem Akuntansi dan Manajemen Keuangan, Standar Sumber Daya Manusia, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Penyelenggaraan Akademik, dan Standar Penjaminan Mutu Internal. Selanjutnya dengan adanya perkembangan dan tuntutan regulasi pendidikan, sebagaimana dituntut oleh instrument akreditasi  BAN-PT dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), maka standar SPMI Unmas Denpasar tahun 2013 dikembangkan menjadi 14 (empat belas)  standar terdiri dari: (1). Standar Visi,Misi, dan Tujuan Pendidikan, (2). Standar Kurikulum, (3). Standar  Proses Pembelajaran, (4). Standar Kompetensi Lulusan, (5). Standar Kemahasiswaan, (6). Standar Sumber Daya Manusia, (7). Standar Pengelolaan, (8). Standar Biaya Pendidikan, (9). Standar Penilaian Pendidikan, (10). Standar Penelitian, (11). Standar Pengabdian kepada Masyarakat, (12). Standar Sistem Informasi, (13). Standar Kerjasama, dan (14). Standar Profil Prodi. Demikian pula dokumen manual SPMI Unmas Denpasar telah dilakukan pengeditan berulangkali.

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan Unmas Denpasar secara berkelanjutan, komitmen untuk melengkapi dan menyempurnakan buku-buku atau dokumen SPMI terus dilakukan, sehingga tahun 2017 ini Unmas Denpasar telah memenuhi 4 (empat) Buku /Dokumen yang diwajibkan untuk dipenuhi standar minimal sebagai komitmen dalam melaksanakan SPMI di Unmas Denpasar. Empat buku/dokumen meliputi Buku/Dokumen Kebijakan SPMI, Dokumen Manual SPMI sesuai prinsip PPEPP, dan Buku/Dokumen Standar Unmas Denpasar berjumlah 32 standar meliputi 24 Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) sesuai Permenristek Dikti Nomor 44 Tahun 2015 dan 8 Standar Unmas meliputi Standar Visi dan Misi, Standar Profil Prodi, Standar tata Pamong, Standar Kemahasiswaan, Standar Sistem Informasi, Standar Kerjasama, Standar Kesehatan Kampus, dan Standar Keamanan Kampus, dan Buku/Dokumen ke 4 adalah Formulir SPMI. Saat ini Unmas memiliki dokumen SOP sebanyak 102 tidak termasuk SOP yang ada di tingkat UPPS dan Prodi dan kuesioner kepuasan untuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, alumni, stakeholders, dan mitra kerjasama.

Untuk menjaga keobjektivan dan transparansi dalam pelaksanaan SPMI di Unmas Denpasar, sesuai dengan prinsip SPMI, maka dalam melaksanakan kegiatan Monev Internal sesuai dengan pernyataan yang dimuat dalam Manual Evaluasi Standar, Unmas pada tahun 2013 membentuk Satuan Pengawas Internal (SPI) yang ditetapkan berdasarkan Skep. Rektor Unmas Denpasar, selanjutnya secara berkala melaksanakan audit di berbagai bagian di lingkungan Unmas Denpasar. Dalam perkembangan selanjutnya, kebijakan Rektor Unmas Denpasar untuk maksud efektivitas dan efisiensi kelembagaan SPI disatukan dalam struktur organisasi BPM Unmas Denpasar bersamaan dengan perubahan BPM menjadi Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) , dengan ketentuan LPMI dalam melakukan monev dan audit memanfaatkan tenaga Auditor yang ditetapkan oleh Rektor Unmas Denpasar. Pada saat ini (2017) Unmas Denpasar memiliki 78 orang Auditor Internal sebagai lulusan dari pelatihan yang dilaksanakan oleh Unmas Denpasar.

Kinerja LPMI Unmas Denpasar dalam melaksanakan SPMI disamping secara berkala melakukan monev dan audit di berbagai bagian di lingkungan Unmas Denpasar, juga kegiatan pelatihan, pendampingan akreditasi, PD Dikti Unmas Denpasar, dan Evaluasi Mutu Internal (EMI) diseluruh prodi. Untuk penilaian EMI disetiap Prodi di lingkungan Unmas Denpasar LPMI melakukan kegiatan lomba secara berkelanjutan sejak tahun 2010 yaitu  Universitas Mahasaraswati Denpasar Anual Quality Award (UMDAQA) sebagai program unggulan yang dilakukan setiap akhir tahun menjelang kegiatan Dies natalis Unmas Denpasar.

MOTTO  LPMI UNMAS DENPASAR

“IMPLEMENTASI SPMI BERKARAKTER KEARIFAN LOKAL BERWAWASAN GLOBAL